Perawatan Cacar Air

Perawatan cacar air yang dibutuhkan oleh penderita penyakit cacar air yang hanya menyerang 1 kali dalam seumur hidup, dalam arti seseorang yang pernah menderita cacar air akan menjadi imun seumur hidup, artinya tak bisa terinfeksi lagi untuk kedua kalinya oleh virus yang sama.  Tetapi virus cacar air tidak dapat dimusnahkan dengan tuntas dan masih tetap bersembunyi di dalam tubuh.

perawatan cacar air

perawatan cacar air

Meski cacar air tidak akan kambuh kembali, namun virus yang masih tersimpan di dalam tubuh, terkadang di kemudian hari dapat menjadi salah satu penyebab, virus yang kembali aktif sebagai penyakit sinannaga seperti herpes zoster, shingles, gordelroos. Penyakit tersebut yang dapat menyebabkan infeksi ini akan mengakibatkan timbulnya gelembung-gelembung berisi cairan dan rasa sangat nyeri pada syaraf. Penyebabnya adalah virus yang sama dengan virus herpes yang menyebabkan cacar air.

Cacar air merupakan penyakit menular yang disebabkan dari virus varisela zoster. virus varisela zoster masuk kedalam sistem pernafasan dan berkembang pada saluran nafas bagian atas. Tidak berhenti di situ saja virus akan terus berlanjut menuju pada kelenjar limfe dan memperbanyak diri ditempat ini. Sekitar 4 hingga 6 hari kemudian virus-virus tersebut akan menyebar ke limpa, hati, dan bagian tubuh lainnya.

Berikut ini ada beberapa tips dalam penanganan atau perawatan cacar air, yakni :

1. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter kulit atau dokter terkait untuk mendapatkan penanganan atau pengobatan dengan baik. Biasanya dokter akan memberikan beberapa resep obat penurun pada untuk mengatasi demam, vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan antivirus cacar air baik berupa salep seperti asiklovir.

2. Membersihkan badan atau mandi dengan teratur pagi dan sore, hindari mandi di kala tubuh sedang berkeringat atau dalam keadaan suhu udara yang panas karena akan menyebabkan bakteri dan virus semakin berkembang biak. penderit cacar air dapat melakukan mandi rutin dengan menggunakan obat antiseptik yang banyak dijajakan di apotik atau toko obat dengan menggunakan resep dokter.

3. Jangan menggunakan bedak tabur ketika gelembung cacar pecah, karena bedak tabur hanya akan meningkatkan perkembang biakan atau penyebaran cacar lebih luas dan cairan cacar air semakin membesar. Ketika gelembung cacar pecah, gunakan salep berdasarkan resep dokter atau menggunakan betadine agar luka bekas cacar cepat mengering.

4. Jaga kuku agar terus pendek dan jangan menggaruk luka bekas cacar, karena hanya akan semakin memperlebar luka dan memberi peluang virus cacar air untuk terus menjalar ke tempat lainnya.

5. Perawatan cacar air dapat menggunakan kapas yang telah diberikan alkohol untuk membersihkan cacar air yang sudah pecah karena tidak sengaja digaruk ataupun karena gesekan baju yang anda gunakan. Membersihkan cacar yang pecah menggunakan alkohol akan mampu mencegah terjadinya infeksi lanjutan serta mampu untuk membersihkan kulit supaya tidak bengkak akibat cacar air.

Beberapa gejala yang muncul akibat cacar air yang membutuhkan perawatan cacar air.

1. Munculnya ruam pada kulit yang ditandai dengan bintik-bintik merah berupa gelembung berisi cairan bening yang muncul setelah 24 jam terinfeksi virus. Ruam yang muncul pada kulit anda biasanya menimbulkan rasa gatal. Bekas ruam yang ditimbulkan pada kulit akan hilang dengan sendirinya, namun ruam yang terkena infeksi dan merusak lapisan kulit biasanya meninggalkan bekas pada kulit anda. Ruam pada kulit yang terinfeksi akan bernanah dan akan timbul lepuhan kemerahan yang terjadi dipunggung dan kepala yang sangat mudah pecah. Lepuhan ini akan berlanjut hingga 3-4 hari.

2. Cacar air biasanya diawali dengan adanya benjolan-benjolan kecil berwarna merah yang muncul pada kulit dalam jumlah yang banyak. Yang kemudian berubah menjadi benjolan yang berisi cairan bening. Selanjutnya benjolan tersebut akan kempes dan terbentuk semacam kerak jaringan pada kulit anda yang membutuhkan perawatan cacar air untuk menghilangkan bekas kerak tersebut.

3.  Benjolan yang terjadi akibat cacar air ini awalnya timbul hanya pada bagian dada, punggung atau wajah namun kemudian akan menjalar keseluruh tubuh launnya seperti kepala, hidung, mulut, telinga, dan daerah genital anda. Awal penularan penyaki cacar air ini terjadi 2 hari setelah munculnya gejala kulit dan akan berakhir ketika benjolan pada kulit sudah mengalami perkerakan.

4. Gejala lain yang timbul seperti demam, nyeri tenggorokan, nyeri perut dan sakit kepala yang biasanya muncul sebelum timbulnya gejala pada kulit. Gejala lain yang timbul seperti demam, nyeri tenggorokan, nyeri perut, sakit kepala dan tidak enak badan yang biasanya muncul sebelum timbulnya gejala pada kulit. Suhu badan yang meningkat dan nafsu makan terus menghilang serta gejala yang paling parah seperti ruam-ruam yang muncul pada wajah dan anggota gerak seperti, tangan, lengan, kaki, dan anggota gerak lainnya.

Bagi orang dewasa yang mengalami gangguan pada kekebalan tubuh dari sebuah penyakit, maka penyakit cacar ini bisa berakibat buruk bahkan berakibat fatal. Perawatan cacar air yang tidak segera dilakukan akan menimbulkan koplikasi akibat cacar air ini seperti:
Pneumonia yang disebabkan oleh virus lainnya, ensefalitis atau infeksi yang terjadi pada otak, peradangan yang terjadi pada jantung, peradangan -pada sendi, atau peradangan pada hati anda. Jadi untuk anda yang sudah mengalami adanya gejala gejala cacar air segera lakukan perawatan cacar air untuk menghindari semua komplikasi yang ada.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Cacar Air, Cacar Api, Cacar Ular dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cacar Air and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *