Penyakit Cacar Air Pada Anak-Anak

Penyakit cacar air pada anak-anak merupakan suatu infeksi yang terjadi yang disebabkan karena adanya virus dengan ciri-ciri seperti pecahnya bintil-bintil yang kecil pada kulit yang akhirnya menimbulkan rasa agak gatal. Varicella simplex atau yang sering kita sebut dengan cacar air adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Penyakit ini disebarkan secara aeroge. Pada awalnya, bintil-bintil ini terlihat seperti gigitan serangga, dan juga sampai akhirnya bintil ini kemudian membesar.

Masa inkubasi yang terjadi pada cacar air adalah sekitar dua minggu. Penyakit cacar air pada anak-anak merupakan salah satu penyakit yang menular dengan waktu sekitar satu atau dua minggu setelah serbuan ruam datang.

Virus pada penyakit cacar air pada anak-anak bisa menular dengan langsung atau bisa juga melalui udara. Cacar air ini tidak membutuhkan pengobatan kecuali disaat anak sedang sakit. Pengobatan penyakit cacar air pada anak-anak dengan melakukan Acyclovir bisa membantu memperpendek dari jangka waktu sakit dan bisa membantu mengurangi keluhan penyakit. Cacar air pada anak yang berusia lebih dewasa biasanya terjadi agak ringan, pengobatan juga tidak perlu dilakukan.

Pencegahan penyakit cacar air pada anak-anak bisa dilakukan dengan memberikan vaksinasi pada anak yang berusia 1 sampai 1,5 tahun. Dan disamping itu juga lima jenis imunisasi yang wajib diberikan pada bayi yang berusia 0-11 bulan, yakni adalah vaksin polio, BCG, hepatitis B, DPY, dan juga campak. Pemberian vaksin yang diberikan pada cacar air atau Varisella merupakan bentuk imunisasi yang harus dan dianjurkan.

Gejala penyakit cacar air pada anak-anak seperti:

  • Gejala yang muncul 10 hingga 21 hari setelah terkena infeksi virus cacar air si kecil akan merasakan sakit kepala, deman sedang dan juga rasa tidak enak badan. Apabila  si kecil berusia dibawah 10 tahun, biasanya tidak akan muncul gejala yang parah berbeda dengan orang dewasa yang bisa lebih parah gejalanya.
  • Setelah 2 atau 3 hari kemudian akan mulai muncul bintik-bintik merah datar pada kulit si kecil yang sering disebut dengan macula, yang kemudian menjadi menonjol yang disebut papula, kemudian muncul cairan didalam bintik yang menonjol pada kulit si kecil seperti melepuh dan disertai dengan rasa gatal yang disebut vesikel, dan terakhir si kecil akan mengering sendiri. Lama proses tersebut krang lebih akan berlangsung selama 4 hari.
  • Penyakit cacar air pada anak-anak yang memasuki pada hari kelima biasanya tidak muncul lepuhan baru pada kulit si kecil.
  • Pada hari ke enam semua lepuhan yang muncul di kulit si kecil akan mengering dengan sendirinya dan akan hilang setelah kurang lebih sekitar 20 hari lamanya.

Cara untuk menangani penyakit cacar air

Cara menangani penyakit cacar air pada anak dengan kasus yang ringan adalah komres basah yang bisa dikenakan pada kulit terhadap rasa gatal untuk membantu mengurangi resiko penderita menggaruk-garuk yang malah akan menyebabkan terjadinya infeksi dan parut. Kulit harus lebih sering dicuci dengan menggunakana air dan sabun untuk tidak menimbulkan infeksi yang bersifat sekunder oleh kuman.

Serbuk dari mentol-talk 1% seringkali biasanya digunakan untuk membantu mengatasi gatal dan kadang juga bisa diberikan antihistamin. Dalam keadaan yang parah biasanya ditandai dengan demam tinggi, dan juga tubuh yang terasa sakit sekali hendaknya segera melakukan konsultasi dokter, jika perlu meresepkan zat antivirus asiklovir dan juga valasiklovir yang harus diminum dengan kadar takaran selama minimal 5 hari.

Untuk penyakit cacar air oada anak-anak yang dapat anda berikan pada anak anda seperti obat parasetamol yang berfungsi untuk menurunkan suhu tubuh si kecil dan meredakan sakit serta nyeri yang dirasakan si kecil. Dengan syarat anak anda harus berusia lebih dari dua bulan. Anda dapat bertanya tentang dosis untuk anak anda yang sudah dianjurkan oleh dokter atau apoteker terdekat. Apabila si kecil memiliki penyakit alergi terhadap parasetamol maka anda dapat memberika ibuprofen dengan dosis pemberian yang sesuai dengan usia anak sekarang. Sebaiknya anda tidak memberikan ibuprofen pada si kecil apabila usianya masih bayi yang masih muda karena dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan si kecil.

Anda harus selalu menjaga kuku si kecil untuk tetap pendek jika dia terus menggaruk bagian- bagian tubuh si kecil yang terasa gatal. Ini akan membantu untuk mencegah munculnya bintik-bintik dari infeksi penyakit cacar air pada anak-anak. Dan gunakan selalu pakaian yang longgar di badan si kecil. Anda dapat memiliki pakaian yang berbahan katun untuk menjadi pilihan anda yang tepat untuk anak anda dalam mengurangi rada gatal dan terhindar dari keringat yang akan membuat terasa semakin gatal.

Segera bawa si kecil ke dokter untuk melakukan periksakan kembali apabila si kecil mengalami bintil yang terinfeksi dengan kuman yang biasanya berwarna merah, mengalami pembengkakan dan juga terdapat nanah atau si kecil mengalami demam yang sangat tinggi, keluhan sakit kepala, muntah dan gatal yang tidak hilang hilang.

Semoga tips untuk mengatasi penyakit cacar air bermanfaat untuk anda dan si kecil yang sedang mencerita penyakit cacar air.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Cacar Air, Cacar Api, Cacar Ular dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cacar Air and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *