Gejala Cacar Air

Awalnya gejala cacar air ini hampir sama dengan penyakit flu lainnya. Namun, gejala yang mudah dikenali adalah timbul bentol atau kulit memerah dalam jumlah banyak seperti digigit nyamuk, namun bentolan tersebut menimbulkan rasa gatal yang amat sangat, timbul rasa ingin menggaruk, semakin digaruk bentolan tersebut semakin banyak dan menjalar pada bagian tubuh lainnya.

Penampakan kulit penderita cacar air

Gejala-gejala cacar air yang paling sering muncul, seperti :

– Perlahan stamina dan daya tahan tubuh mulai menurun, seperti mudah lelah, capek dsb.

– Mulai merasakan demam yang disertai dengan flu ringan seperti nyeri tenggorokan, demam, nyeri perut, sakit kepala, dan gejala ini muncul sebelum munculnya gejala pada kulit.

– Pada beberapa orang, mungkin merasakan pegal di sendi, ngilu dan nyeri di bagian pergelangan sendi terkadang disertai demam. Umumnya berlangsung dalam beberapa hari

– Timbul bentol kemerahan seperti gelembung yang berisi air di permukaan kulit yang mengandung virus dan bakteri, awalnya bentol merah ini timbul di daerah bagian dada. Atau bagian lainnya seperti pada punggung atau wajah (kepala, mulut, telinga) yang akan terus menjalar ke bagian tubuh yang lainnya seperti tangan, lengan, kaki, dan bahkan sampai pada daerah genital.

Setelah inkubasi 2-3 minggu cacar air sering kali diawali dengan demam ringan. Lalu timbul gejala cacar air lainnya seperti muncul berkelompok bintik-bintik kecil merah yang kemudian berisi cairan, permulaan pada batang tubuh, kemudian pada muka, leher, tangan dan kaki. Setelah beberapa hari sampai 2 minggu gelembung-gelembung yang sangat gatal ini akan mengering. Waspada adanya infeksi bila gelembung ini terbuka akibat digaruk. Di samping gejala kulit juga timbul sakit kepala dan perasaan tidak nyaman (malaise) yang biasanya berlangsung 4-7 hari.

Cacar air bersifat menular dari satu hari sebelum gelembung-gelembung terbuka sampai menjadi kering seluruhnya. Pada penderita anak biasanya bintik-bintik akan sembuh tanpa padarut dalam 1-2 minggu. Pada orang dewsa penyakit dapat berlangsung lebih serius dengan nyeri kepala serta punggung yang hebat dan terutama pada mereka yang sistem imunnya bermasalah akibat penyakit lain atau obat (antikanker, prednison).

Saat gejala cacar air mulai muncul anda dapat mengobatinya dengan menggunakan:

1. Menggunakan obat tetes mata

Obat tetes mata akan sangat anda perlukan apabila cacar air muncul di sekitar daerah mata karena air yang terdapat dalam benjolan akan berbahaya untuk mata anda bila sampai masuk ke mata dan dapat membuat mata menjadi iritasi. Anda dapat menggunakan tetes mata secara rutin dan teratur pada pagi, siang, sore, dan malam hari sebelum anda tidur.

2. Mengkonsumsi paracetamol

Paracetamol adalah obat penurun panas yang akan sangat anda perlukan pada saat anda menderita jegala cacar air. Karena pada saat anda terserang penyakit cacar air yang akan membuat anda merasa demam dan saat virus akan kembali lebih cepat untuk menyerang tubuh anda. Paracetamol dapat membantu anda untuk mencegah adanya demam yang berkepanjangan akibat gejala cacar air.

3. Menggunakan bedak dan salep untuk cacar.

Bedak caladina dapat dipakaikan pada anak kecil atau pada saat anda merasakan gatal akibat cacar air yang anda derita. Bedak ini sangat sederhana namun mampu digunakan untuk mencegah penyebaran cacar baru dan mampu mencehag cacar kecil yang baru tumbuh untuk bertambah besar. Bahkan pada kondisi tertentu cacar dapat kering dengan menggunakan bedak caladine ini. Atau dapat menggunaka salep acyclovir yang dapat dioleskan pada cacar yang baru dan dapat mencegah penyebaran cacar ke area tubuh lainnya yang lebih luas. Anda dapat mengoleskan salep acyclovir setiap 3 jam sekali.

4. Membersihkan cacar dengan alkohol

Gunakan alkohol dengan kapas untuk membersihkan cacar yang sudah pecah.Karena dengan membersihkan cacar menggunakan alkohol ini dapat mencegah iritasi yang lebih lanjut dan juga efektif untuk mencegah adanya pembengkakan akibat cacar gejala cacar air ini.

Tips untuk anda yang ingin mencegah adanya gejala cacar air antara lain:

1. Mengaja kebersihan badan, pakaian, dan lingkungan sekitar anda. Pakaian dan lingkungan yang kotor adalah salah satu sebab munculnya virus yang menyebabkan penyakit cacar air. Serta badan anda yang kotor juga akan mudah untuk terinfeksi kuman penyakit.

2. Saat anda sedang mengalami cacar air ada baiknya untuk tidak mandi atau terkena air terlebih dahulu karena akan dapat menyebabkan cacar yang anda derita semakin parah. Cukup memakai bedak salycil atau mentol yang ditaburkan keseluruh tubuh anda dengan begitu anda akan dapat mengurangi penyebaran dari penyakit cacar ku kulit yang lainnya.

3. Selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi. Karena dengan memakan makanan yang bergizi akan membuat tubuh anda sehat dan berstamina kuat untuk dapat menangkal serangan infeksi kuman penyakit. Dan menghindari sumber penularan penyakit cacar air yang dapat menimbulkan gejala cacar air pada diri anda. Ditambah dengan imunisasi vaksin cacar air.

4. Menjauhkan pakaian bekas penderita penyakit cacar air dari jangkauan anak-anak, karena dapat menularkan penyakit. Ada baiknya pakaian dibedakan dan diberi panas terlebih dahulu saat akan dicuci agar virus yang masih menempel pada pakaian si penderita mati dan tidak menular ka yang lain. Biasanya cacar akan kering setelah 3 hingga 4 hari minum obat acyclovir dan tetaplah minum dan makan makanan yang bergizi untuk daya tahan tubuh anda tetap terjaga sehingga cepat pulih.


=====================================

>>> Obat Cacar Air Membantu Mengobati Penyakit Cacar Air, Mengatasi Virus Cacar dan Menguatkan Kekebalan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cacar Air and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>