Cacar Air Pada Anak

Cacar air pada anak biasanya menghampiri anak yang berusia 3-4 tahun. Anak-anak dibawah usia enam bulan tampaknya kebal terhadap cacar air. Sering kali jika anak yang lebih tua terkena cacar air serangannya pun akan lebih hebat.

Cacar air pada anak biasanya dimulai dengan demam, sakit kepala, dan lemah. Keesokan harinya kulit memerah dan panas. Kemudian muncul kepuh kecil-kecil berair yang bertebaran di kulit. Sebagian besar dibagian punggung dan diatas dada.

Penyakit cacar air ata sering disebut cangkrang tidak hanya menyerang anak namun bisa juga menyerang orang dewasa. Cacar air yang terjadi pada anak merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus yang ciri-cirinya adalah pecahnya bintil-bintil kecil pada kulit yang bisa menimbulkan rasa agak gatal. Pada mulanya, bintil-bintil ini tampak seperti gigitan serangga, sampai akhirnya bintil-bontil itu membesar. Masa inkubasi cacar sekitar dua minggu. Penyakit ini menular sekitar satu atau dua mintgu setelah serbuan ruam. Virusnya bisa menyebar melalui kontak langsung atau melalui udara.

Cacar air tidak membutuhkan pengobatan apapun kecuali bila anak sangat sakit. Pengobatan dengan acyclovir bisa agak memperpendek jangka waktu sakit dan sedikit mengurangi tingkat keparahan penyakit. Karena cacar air pada anak yang usianya lebih tua biasanya agak ringan, pengobatan tidak diperlukan. Konsultasikan pada dokter mengenai hal ini. Kini ada vaksin cacar air untuk anak-anak diatas usia satu tahun.

Beberapa cara penyembuhan cacar air pada anak.

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang tinggi dan Vitamin C. Saat si kecil menderita penyakit cacar air, daya tahan tubuh akan menjadi sangat lemah. Untuk mengembalikan daya tubuh si kecil bunda dapat memberikan asupan makan yang bergizi tinggi, serta buah-buahan yang mengandung nutrisi yang tinggi seperti pear, jeruk, jambu biji, dan apel. Dapat ditambah lagi dengan tablet vitamin C seperti Xan-C atai C-1000.

2. Mengoleskan salep acyclovir yang biasanya dioleskan pada bentol akibat cacar air baru dapat mencegah menyebaran cacar ke area yang lebih luas lagi. salep acyclovir dapat diolehkan pada cacar sebanyak 3 jam sekali.

3. Bersihkan luka dengan alkohol. Saat cacar air pada anak anda sudah mulai pecah akibat tidak sengaja digaruk atau karena gesekan baju, kemungkinan besar akan terjadi infeksi dan luka yang akan bernanah dan tambah parah. Bunda dapat menggunakan alkohol untuk membersihkan luka cacar yang sudah pecah yang akan mampu mencegah terjadinya infeksi lanjutan pada cacar air yang diderita oleh anak bunda. Menbersihkan luka dengan alkohol tidak bole menggunakan bantuan kain karena akan dapat menambah parah dari pecahan cacar tersebut. Bunda harus menggunakan kapas untuk membersihkan luka cacar air pada anak.

4. Wajah adalah salah satu area yang sangat empuk untuk ditumbuhi cacar, sedangkan cacar air yang tumbuh disekitar area mata sangat berbahaya karena cairan yang terdapat pada tonjolan cacar air ini apabila pecah dan masuk ke dalam mata akan membuat mata menjadi iritasi. Untuk itu gunakan obat tetes mata secara berkala setiap pagi siang sore dan sebelum si kecil tidur agar mata bebas dari infeksi kuman yang menyebabkan cacar air pada anak.

 

Bunda juga dapat melakukan pengobatan pada cacar air yang diderita si kecil dengan cara yang alami dan bahan yang alami juga. Pembuatan obat ini dapat bunda lakukan dirumah disela-sela kegiatan rumah tangga yang bunda lakukan. Menggunakan obat yang alami mungkin tidak begitu disukai anak-anak manun demi kesembuhan cacar air yang anak bunda derita, bunda harus memilih beberapa cara yang mungkin dapat membuat anak bunda mau untuk diobati menggunakan obat yang alami.

Cara alami untuk mengobati cacar air:

1. Buah mengkudu

Buah mengkudu yang sudah matang dan biasanya berwarna kekuningan. Dengan buah mengkudu anda dapat membuatkan jus untuk cacar air yang diderita pada si kecil secara rutin dan tertur hingga cacar sembuh.

2. Jagung Muda

Jagung muda memiliki kandungan yang dapat menyambuhkan penyakit cacar. Jagung muda yang dicuci bersih dan diparut yang kemudan oleskan pada kulit tubuh sikecil yang terkena cacar. Ramuan ini dapat dipakai pada saat cacar masih menjangkit tubuh dan dilanjutkan pada masa penyembuhan dan proses menghilangkan bekas cacar air.

3. Daun pegagan

Siapkan daun pegagan secukupnya dan cuci  hingga bersih. Blender daun pegagan dan buat jus yang dicampurkan dengan ditambahkan madu sesuai selera supaya sikecil lebih suka untuk meminumnya. Daun pegagan ini dapat membantu proses peremajaan kulit dari dalam.

4. Kacang hijau/kacang polong

Bunda dapat menggunakan kacang hijau untuk penyembuhan cacar air pada anak dengan cara merendam sedikit kacang hijau hingga mengembang dan kemudian ditumbuk hingga halus yang kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang terdapat bekas cacar air. Atau dapat juga dengan kacang polong yang diambil airnya saja karena air dari kacang polong merupakan obat alami yang sangat efektif untuk mengurangi iritasi yang terjadi pada kulit si kecil akibat cacar air. Air yang digunakan untuk merebus kacang polong harus dioleskan pada bagian tubuh yang terkena penyakit cacar air pada anak.


=====================================

>>> Obat Cacar Air Membantu Mengobati Penyakit Cacar Air, Mengatasi Virus Cacar dan Menguatkan Kekebalan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cacar Air and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>